Kumpulan Artikel Tentang Manajemen

Ditulis oleh: Materi Inside
Berikut ulasan mengenai Kumpulan Artikel Tentang Manajemen. Silahkan disimak!

Pelaksanaan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah
Manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah merupakan pola baru dalam manajemen pendidikan dimana esensinya adalah pemberian otonomi yang lebih besar kepada sekolah serta mendorong untuk mengambil keputusan secara partisipatif. Dalam melaksanakan MPMBS sekolah dapat melakukan penyesuaian sesuai dengan kondisi sekolah tersebut namun tetap berpedoman pada konsep dasar MPMBS serta ketentuan pelaksanaannya. Menurut Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (2001: 29) tahap-tahap pelaksanaan MPMBS meliputi:
(Read more »)


Tujuan Dan Karakteristik Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah
Tujuan dari MPMBS adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui kemandirian atau memberdayakan sumber daya yang tersedia, meningkatkan kepedulian warga sekolah dan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan melalui pengambilan keputusan bersama, meningkatkan tanggungjawab sekolah kepada orang tua, masyarakat, dan pemerintah tentang mutu sekolahnya, meningkatkan kompetensi yang sehat antar sekolah tentang mutu pendidikan yang dicapai.
(Read more »)


Pengertian Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS)
Permasalahan yang cukup penting dalam dunia pendidikan di Indonesia adalah bagaimana meningkatkan mutu output pendidikan yang masih sangat rendah. Hal ini ternyata membuat para praktisi pendidikan mengeluh terhadap kondisi pendidikan semacam ini. Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, aspek input dan output harus dapat berjalan secara seimbang. Melihat fenomena seperti di atas maka dipandang perlu adanya kebijakan baru dalam dunia pendidikan agar mutu atau kualitas pendidikan di negara ini mengalami peningkatan. Kebijakan baru yang dimaksud adalah Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS).
(Read more »)


Komponen Manajemen Berbasis Sekolah
Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Agama dan Keagamaan Depag RI (2001, 32-34) menyatakan diberlakukannya MBS, yaitu terletak pada empat komponen: 1) Pelimpahan dan Pembagian Wewenang; Desentralisasi kewenangan dilakukan dengan cara pelimpahan wewenang kepada aktor tingkat Sekolah (kepala Sekolah, guru, dan orangtua) untuk mengambil keputusan.
(Read more »)


Karakteristik Manajemen Berhasis Sekolah
Sekolah yang telah menerapkan manajemen berbasis sekolah memiliki karakteristik yang dapat diketahui dan usaha yang dilakukan oleh sekolah dalam memaksimalkan kinerja, proses pembelajaran, pemanfaatan sumber daya, profesionalisme tenaga kependidikan serta sistem administrasi secara keseluruhan. Sejalan dengan hal tersebut di atas, menurut Saud dalam Mulyasa (2004: 35-37) menyatakan bahwa karakteristik dasar manajemen berbasis sekolah adalah sebagai berikut:
(Read more »)


Pengertian Dan Tujuan Manajemen Berbasis Sekolah
MBS merupakan paradigma baru pendidikan yang memberikan otonomi luas pada tingkat sekolah dengan maksud agar sekolah leluasa mengelola sumber daya dan sumber dana dengan mengalokasikannya sesuai dengan prioritas kebutuhan dan dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarakat.
(Read more »)


Pengertian Dan Prinsip Prinsip Manajemen
Istilah manajemen sekolah yaitu segala usaha bersama untuk mendayagunakan sumber-sumber, baik personal maupun material, secara efektif dan efisien guna menunjang tercapainya tujuan pendidikan di sekolah secara optimal.
(Read more »)


Manajemen Sekolah - Kesiswaan, Keuangan, Dan Peran Serta Masyarakat
Manajemen peserta didik termasuk salah satu substansi manajemen pendidikan. Manajemen peserta didik menduduki posisi strategis, karena sentral layanan pendidikan, baik dalam latar institusi persekolahan maupun yang berada di luar latar institusi persekolahan, tertuju kepada peserta didik.
(Read more »)


Manajemen Sekolah - Implementasi KTSP, Pemberdayaan SDM, Sarana Prasarana, Dan Layanan Khusus
Dalam pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan, sebagai jantungnya pembelajaran, tidak hanya didasarkan kepada kehendak kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum semata. Tetapi juga harus memperhatikan tujuan pendidikan nasional, tujuan pendidikan di provinsi, dan tujuan pendidikan lokal (kabupaten/kota), yang merupakan arah untuk dijabarkan menjadi kompetensi dasar dan kompetensi lulusan peserta didik. Di samping itu, esensi dan profesionalisme guru sebagai pendidik, harus menjadi pemahaman yang komperhensif dan tepat dalam pengembangan kurikulum.
(Read more »)


Manajemen Dan Pengorganisasian Tata Usaha Sekolah
Peraturan pemerintah nomor 13 tahun 2007 tentang standar kepala sekolah/madrasah tersebut adalah manajemen tata usaha sekolah/madrasah. Kepala sekolah yang bertugas sebagai pengelola sekolah memiliki peranan yang penting bagi pengembangan sekolah terkait dengan tugasnya tersebut. Oleh karena itu, peningkatan kompetensi manajemen tata usaha sekolah/madrasah sesuai perkembangan iptek yang semakin pesat.
(Read more »)

Sekian artikel dari Materi Inside mengenai Kumpulan Artikel Tentang Manajemen, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.
Lihat juga:
Daftar Isi Materi Inside