Tujuan Dan Karakteristik Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah

Ditulis oleh: Materi Inside
Berikut ulasan mengenai Tujuan Dan Karakteristik Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Silahkan disimak!

Tujuan

Ditinjau dan peningkatan mutu, menurut E. Mulyasa (2002:25) ”Tujuan MPMBS dapat diperoleh melalui partisipasi orang tua terhadap sekolah, fleksibilitas pengelolaan sekolah dan kelas, peningkatan profesionalisme guru dan kepala sekolah, berlakunya sistem intensif dan disinsentif’.

Menurut Depdiknas (2001: 4) “Manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah bertujuan untuk memandirikan atau memberdayakan sekolah melalui pemberian kewenangan (otonomi) kepada sekolah dan mendorong sekolah untuk melakukan pengambilan keputusan secara partisipatif”.

Dari beberapa pendapat mengenai tujuan dan MPMBS, dapat disimpulkan bahwa tujuan dan MPMBS adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui kemandirian atau memberdayakan sumber daya yang tersedia, meningkatkan kepedulian warga sekolah dan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan melalui pengambilan keputusan bersama, meningkatkan tanggungjawab sekolah kepada orang tua, masyarakat, dan pemerintah tentang mutu sekolahnya, meningkatkan kompetensi yang sehat antar sekolah tentang mutu pendidikan yang dicapai.


Karakteristik

Setiap sekolah yang menerapkan MPMBS harus memiliki karakteristik yang dimiliki MPMBS. Menurut Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (2001: 11) “Karaktenistik MPMBS tidak dapat dipisahkan dengan karakteristik sekolah efektif (effective school). Jika MPMBS merupakan wadah/kerangkanya maka sekolah efektif adalah isinya”. Karena karakteristik MPMBS tidak dapat dipisahkan dari karakteristik sekolah efektif, maka karaktenistik MPMBS memuat secara inklusif elemen-elemen sekolah efektif yang dikategorikan menjadi input, proses dan output.

1) Input pendidikan;
Input pendidikan yang merupakan karakteristik manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah, ciri-cirinya sebagai berikut:
a) Memiliki kebijakan, tujuan, dan sasaran mutu yang jelas;
b) Sumber daya tersedia dan siap;
c) Staf yang kompeten dan berdedikasi tinggi;
d) Memiliki harapan prestasi yang tinggi;
e) Fokus pada pelanggan, yaitu siswa;
f) Input manajemen digunakan untuk menjalankan roda sekolah.

2) Proses;
Sekolah yang efektif pada umumnya memiliki sejumlah karakteristik proses sebagai berikut:
a) Proses belajar mengajar yang efektivitasnya tinggi;
b) Kepemimpinan sekolah yang kuat;
c) Lingkungan sekolah yang aman dan tertib;
d) Pengelolaan tenaga kependidikan yang efektif;
e) Sekolah memiliki budaya mutu;
f) Sekolah memiliki team-work yang kompak, cerdas dan dinamis;
g) Sekolah memiliki kewenangan atau kemandirian;
h) Partisipasi yang tinggi dan warga sekolah dan masyarakat;
i) Sekolah memiliki keterbukaan (transparansi) manajemen;
j) Sekolah memiliki kemauan untuk berubah secara psikologis dan fisik;
k) Sekolah melakukan evaluasi dan perbaikan secara berkelanjutan;
l) Sekolah responsifdan antisipatif terhadap kebutuhan;
m) Komunikasi yang baik;
n) Sekolah memiliki akuntabilitas.

3) Output yang diharapkan;
Sekolah harus memiliki output yang diharapkan yaitu berupa prestasi sekolah yang dihasilkan dan proses pembelajaran dan manajemen di sekolah  (Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, 2001: 11- 20).

Sekian artikel dari Materi Inside mengenai Tujuan Dan Karakteristik Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.
Lihat juga:
Kumpulan Artikel Tentang Manajemen