Pengertian Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS)

Ditulis oleh: Materi Inside
Berikut ulasan mengenai Pengertian Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS). Silahkan disimak!

Permasalahan yang cukup penting dalam dunia pendidikan di Indonesia adalah bagaimana meningkatkan mutu output pendidikan yang masih sangat rendah. Hal ini ternyata membuat para praktisi pendidikan mengeluh terhadap kondisi pendidikan semacam ini. Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, aspek input dan output harus dapat berjalan secara seimbang. Melihat fenomena seperti di atas maka dipandang perlu adanya kebijakan baru dalam dunia pendidikan agar mutu atau kualitas pendidikan di negara ini mengalami peningkatan. Kebijakan baru yang dimaksud adalah Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS).


Pengertian MPMBS

Belakangan ini dunia pendidikan di Indonesia telah berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan. Salah satu upaya yang nampak dilakukan adalah dengan menggalakkan manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah (MPMBS), yang lebih dikenal dengan istilah manajemen berbasis sekolah (MBS). Sebelum membahas lebih jauh mengenai manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah terlebih dahulu akan dibahas mengenai mutu dan mutu pendidikan.

Mutu merupakan derajat atau tingkat keunggulan suatu produk baik berupa hasil kerja maupun upaya dimana dalam suatu standar memerlukan biaya yang rendah. Permasalahan dalam bidang pendidikan yang dianggap penting adalah mutu pendidikan yang masih sangat rendah. Mutu pendidikan merupakan mutu lulusan dan setiap jenjang dan jenis pendidikan berdasarkan kompetensi yang dicapai atau dimiliki oleh siswa.

Konsep mengenai pengelolaan pendidikan yang selama ini dilaksanakan lebih bersifat sentralistik sehingga segala kebijakan dibuat oleh birokrasi pusat sedangkan sekolah hanya bertindak sebagai pelaksana atas kebijakan tersebut yang belum tentu sesuai kebutuhan belajar siswa, lingkungan sekolah serta harapan orang tua dan masyarakat sekitar. Fenomena ini sangat kontradiktif sehingga diperlukan adanya perubahan dalam pengelolaan pendidikan. Oleh karena itu maka konsep manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah merupakan pendekatan baru dalam manajemen pendidikan di Indonesia yang merupakan bagian dan desentralisasi pendidikan yang telah dikembangkan.

Berkaitan dengan hal tersebut di atas, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (2001: 3) mendefinisikan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah sebagai berikut: Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah sebagai model manajemen yang memberikan otonomi lebih besar kepada sekolah dan mendorong pengambilan keputusan partisipatif yang melibatkan secara langsung semua warga sekolah (guru, siswa, kepala sekolah, karyawan, orang tua siswa dan masyarakat) untuk meningkatkan mutu sekolah berdasarkan kebijakan pendidikan nasional.

Definisi MPMBS yang dikemukakan oleh Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah memberikan pemahaman bahwa inti dari MPMBS adalah pemberian otonomi yang lebih besar kepada sekolah dan mendorong pengambilan keputusan partisipatif dengan melibatkan secara langsung semua warga sekolah.

Menurut Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (2001: 4) Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah dianggap perlu diterapkan di Indonesia dengan alasan sebagai berikut:
  1. Sekolah lebih mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman bagi dirinya sehingga ia dapat mengoptimalkanpemanfaatan sumber daya yang tersedia untuk memajukan sekolahnya;
  2. Sekolah lebih mengetahui kebutuhan lembaganya, khususnya input pendidikan yang akan dikembangkan dan didayagunakan dalam proses pendidikan sesuai dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan peserta didik;
  3. Pengambilan keputusan yang dilakukan oleh sekolah lebih cocok untuk memenuhi kebutuhan sekolah karena pihak sekolahlah yang paling tahu apa yang terbaik bagi sekolahnya;
  4. Penggunaan sumber daya pendidikan lebih efisien dan efektif bilamana dikontrol oleh masyarakat setempat;
  5. Keterlibatan semua warga sekolah dan masyarakat dalam pengambilan keputusan sekolah menciptakan transparansi dan demokrasi yang sehat. Sekolah dapat bertanggungjawab tentang mutu pendidikan masingmasing kepada pemerintah, orang tua peserta didik, dan masyarakat pada umumnya, sehingga ia akan berupaya semaksimal mungkin untuk melaksanakan dan mencapai sasaran mutu pendidikan yang telah direncanakan;
  6. Sekolah dapat melakukan persaingan yang sehat dengan sekolahsekolahlain untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui upayaupaya inovatif dengan dukungan orang tua peserta didik, masyarakat dan pemerintah daerah setempat;
  7. Sekolah dapat secara cepat merespon aspirasi masyarakat dan lingkungan yang berubah dengan cepat.

Sekian artikel dari Materi Inside mengenai Pengertian Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS), yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.
Lihat juga:
Kumpulan Artikel Tentang Manajemen