Komponen Manajemen Berbasis Sekolah Menurut E. Mulyasa

Ditulis oleh: Materi Inside
Berikut ulasan mengenai Komponen Manajemen Berbasis Sekolah Menurut E. Mulyasa. Silahkan disimak!

E. Mulyasa (2002: 39) menyatakan bahwa hal yang paling penting dalam implementasi Manajemen Berbasis Sekolah adalah manajemen terhadap komponen-komponen sekolah itu sendiri. Dan komponen- komponen itu adalah sebagai berikut:

1) Manajemen kurikulum dan program pengajaran;
Manajemen kurikulum dan program pengajaran mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian kurikulum.

2) Manajemen tenaga kependidikan;
Manajemen tenaga kependidikan mencakup (1) perencanaan pegawai, (2) pengadaan pegawai, (3) pembinaan dan pemgembangan pegawai, (4) promosi dan mutasi, (5) pemberhentian pegawai, (6) kompensasi, dan (7) penilaian pegawai.

3) Manajemen kesiswaan;
Manajemen kesiswaan sedikitnya memiliki tiga tugas utama yang harus diperhatikan, yaitu penerimaan murid baru, kegiatan kemajuan belajar dan pembinaan disiplin.

4) Manajemen keuangan dan pembiayaan;
Komponen utama manajemen keuangan meliputi (1) prosedur anggaran, (2) prosedur akuntansi keuangan, (3) pembelajaran, (4) prosedur investasi, dan (5) prosedur pemeriksaan.

5) Manajemen sarana dan prasarana pendidikan;
Kegiatan pengelolaan manajemen sarana dan prasarana meliputi kegiatan perencanaan, pengadaan, pengawasan, penyimpanan inventarisasi, dan penghapusan serta penataan.

6) Manajemen hubungan sekolah dengan masyarakat;
Jika hubungan sekolah dengan masyarakat berjalan dengan baik, rasa tanggungjawab dan partisipasi masyarakat untuk memajukan sekolah juga akan baik dan tinggi. Dalam hal ini sekolah memberitahu masyarakat tentang program-program sekolah, baik program yang telah dilaksanakan, sedang dilaksanakan, maupun yang akan dilaksanakan sehingga masyarakat mendapat gambaran yang jelas tentang sekolah yang bersangkutan.

7) Manajemen layanan khusus.
Manajemen layanan khusus meliputi manajemen perpustakaan, kesehatan, dan keamanan sekolah.

Sekian artikel dari Materi Inside mengenai Komponen Manajemen Berbasis Sekolah Menurut E. Mulyasa, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.
Lihat juga:
Kumpulan Artikel Tentang Manajemen