Input Pendidikan Dalam MBS Menurut Rohiat

Ditulis oleh: Materi Inside
Berikut ulasan mengenai Input Pendidikan Dalam MBS Menurut Rohiat . Silahkan disimak!

Keberhasilan Manajemen Berbasis Sekolah dipengaruhi adanya input pendidikan yang merupakan salah satu syarat terlaksananya sistem Manajemen Berbasis Sekolah dengan baik. Input pendidikan menurut Rohiat (2008: 62-64) meliputi:
  1. Memiliki kebijakan, tujuan dan sasaran mutu yang jelas; Yang dinyatakan oleh kepala sekolah dan disosialisasikan kepada semua warga sekolah.
  2. Sumberdaya tersedia dan siap; Sumberdaya manusia dan sumberdaya selebihnya (uang, peralatan, perlengkapan, bahan dan sebagainya) memadai.
  3. Staf yang kompeten dan berdedikasi tinggi; Kepemilikan staf yang kompeten dan berdedikasi tinggi merupakan suatu keharusan.
  4. Memiliki harapan prestasi yang tinggi; Sekolah, kepala sekolah, guru maupun peserta didik mempunyai motivasi untuk selalu berusaha lebih baik dari keadaan sebelumnya.
  5. Fokus pada pelanggan (khususnya siswa); Penyiapan input dan proses belajar mengajar harus benar-benar mewujudkan sosok utuh mutu dan kepuasan yang diharapkan dari siswa.
  6. Input manajemen; Tugas yang jelas, rencana yang rinci dan sistematis, program yang mendukung bagi pelaksanaan rencana, ketentuan-ketentuan yang jelas sebagai panutan bagi warga sekolahnya untuk bertindak, dan adanya sistem pengendalian mutu yang efektif dan efisien agar sasaran yang telah disepakati dapat tercapai.

Sekian artikel dari Materi Inside mengenai Input Pendidikan Dalam MBS Menurut Rohiat , yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.
Lihat juga:
Kumpulan Artikel Tentang Manajemen