William Burton (dalam Oemar Hamalik, 2007: 31) menyimpulkan uraian yang cukup panjang tentang prinsip-prinsip belajar yaitu sebagai berikut:
- Proses belajar ialah pengalaman, berbuat, mereaksi, dan melampaui (under going).
- Proses itu melalui bermacam-macam ragam pengalaman dan mata pelajaran-mata pelajaran yang terpusat pada suatu tujuan tertentu.
- Pengalaman belajar secara maksimum bermakna bagi kehidupan murid.
- Pengalaman belajar bersumber dari kebutuhan dan tujuan murid sendiri yang mendorong motivasi yang kontinu.
- Proses belajar dan hasil belajar disyarati oleh hereditas dan lingkungan.
- Proses belajar dan hasil usaha belajar secara materiil dipengaruhi oleh perbedaan-perbedaan individual di kalangan murid-murid.
- Proses belajar berlangsung secara efektif apabila pengalaman-pengalaman dan hasil-hasil yang diinginkan disesuaikan dengan kematangan murid.
- Proses belajar yang terbaik apabila murid mengetahui status dan kemajuan.
- Proses belajar merupakan kesatuan fungsional dari berbagai prosedur.
- Hasil-hasil belajar secara fungsional bertalian satu sama lain, tetapi dapat didiskusikan secara terpisah.
- Proses belajar berlangsung secara efektif di bawah bimbingan yang merancang dan membimbing tanpa tekanan dan paksaan.
- Hasil-hasil belajar adalah pola-pola perbuatan, nilai-nilai, pengertian-pengertian, sikap-sikap, apresiasi, abilitas, dan keterampilan.
- Hasil-hasil belajar diterima oleh murid apabila memberi kepuasan pada kebutuhannya dan berguna serta bermakna baginya.
- Hasil-hasil belajar dilengkapi dengan jalan serangkaian pengalaman-pengalaman yang dapat dipersamakan dan dengan pertimbangan yang baik.
- Hasil-hasil belajar itu lambat laun dipersatukan menjadi kepribadian dengan kecepatan yang berbeda-beda.
Sekian artikel mengenai Ciri Ciri Belajar Menurut William Burton, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.
Lihat juga:
Kumpulan Artikel Tentang Belajar