Pengertian Belajar Secara Umum

Ditulis oleh: Materi Inside
Berikut ulasan mengenai materi belajar tentang Pengertian Belajar Secara Umum, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar. Silahkan disimak!

Ngalim Purwanto (1990: 84) mengemukakan beberapa definisi belajar dari beberapa ahli. Hilgar dan Bower mengemukakan bahwa “Belajar berhubungan dengan perubahan tingkah laku seorang terhadap suatu situasi tertentu yang berulang-ulang dalam situasi itu”. Gagne menyatakan bahwa “Belajar terjadi apabila suatu situasi stimulus bersama dengan isi ingatan mempengaruhi siswa sedemikian rupa sehingga perbuatannya berubah dari waktu sebelum ia mengalami situasi itu ke waktu sesudah ia mengalami situasi tadi”.

Oemar Hamalik (2007: 27) berpendapat bahwa “Belajar adalah memodifikasi atau memperteguh kelakuan melalui pengalaman (learning is defined as the modification or strengthening of behavior throught experiencing)”. Menurut pengertian ini, belajar merupakan suatu proses, suatu kegiatan dan bukan suatu hasil atau tujuan. Belajar bukan hanya mengingat, akan tetapi lebih luas dari itu, yakni mengalami. Hasil belajar bukan suatu penguasaan hasil latihan melainkan mengubah kelakuan. Pengertian ini sangat berbeda dengan pengertian lama tentang belajar, yang menyatakan bahwa belajar adalah memperoleh pengetahuan, bahwa belajar adalah latihan-latihan pembentukan kebiasaan secara otomatis dan seterusnya.

Dari  pengertian belajar di atas maka jelas tujuan belajar itu prinsipnya sama, yakni perubahan tingkah laku, hanya berbeda cara atau usaha pencapaiannya. Pengertian ini menitikberatkan pada interaksi antara individu dengan lingkungan. Di dalam interaksi inilah terjadi serangkaian pengalaman-pengalaman belajar.

Sekian artikel mengenai Pengertian Belajar Secara Umum, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.
Lihat juga:
Kumpulan Artikel Tentang Belajar