Karakteristik Manajemen Berbasis Sekolah Menurut Rohiat

Ditulis oleh: Materi Inside
Berikut ulasan mengenai Karakteristik Manajemen Berbasis Sekolah Menurut Rohiat. Silahkan disimak!

Manajemen Berbasis Sekolah memiliki karakteristik yang tidak dapat dipisahkan dengan karakteristik sekolah efektif. Jika MBS merupakan wadah/kerangka, maka sekolah efektif merupakan isinya, yang meliputi input, proses dan output. Sekolah memiliki output yang diharapkan, yang dihasilkan melalui proses pembelajaran dan manajemen di sekolah, yang dilaksanakan oleh input pendidikan.

Output pendidikan merupakan prestasi sekolah yang meliputi prestasi akademik (seperti Ujian Nasional, Lomba karya ilmiah, dan Cerdas Cermat) maupun prestasi non akademik (misalnya akhlak, perilaku sosial yang baik, kejujuran, kerjasama yang baik, rasa kasih sayang, kedisiplinan, toleransi, dan berbagai prestasi keterampilan).

Kaitannya dengan karakteristik Manajemen Berbasis sekolah, Rohiat (2008: 58-62) menguraikan sekolah efektif pada umumnya memiliki karakteristik proses sebagai berikut:
  1. Proses belajar mengajar dengan efektifitas yang tinggi; Proses Belajar Mengajar bukan sekedar memorisasi tetapi lebih menekankan pada internalisasi tentang apa yang diajarkan. Lebih menekankan pada learn to know, learn to do, learning to live together dan learn to be.
  2. Kepemimpinan sekolah yang kuat; Kepala sekolah dituntut memiliki kemampuan manajemen dan kepemimpinan yang tangguh agar mampu mengambil keputusan untuk meningkatkan mutu sekolah.
  3. Lingkungan sekolah yang aman dan tertib; Menciptakan iklim sekolah yang aman, nyaman, dan tertib melalui pengupayaan faktor-faktor yang dapat menumbuhkan iklim tersebut.
  4. Pengelolaan tenaga kependidikan yang efektif; Tenaga kependidikan yang mempunyai komitmen tinggi dan selalu mampu menjalankan tugasnya dengan baik.
  5. Sekolah memiliki budaya mutu; Budaya mutu harus tertanam di sanubari semua warga sekolah sehingga setiap perilaku selalu didasari oleh profesionalisme.
  6. Sekolah memiliki teamwork yang kompak, cerdas, dan dinamis; Output pendidikan merupakan hasil kolektif warga sekolah, bukan hasil individual.
  7. Sekolah memiliki kewenangan (kemandirian); Sekolah harus memiliki sumberdaya yang cukup untuk menjalankan tugasnya.
  8. Partisipasi yang tinggi dari warga sekolah dan masyarakat; Partisipasi warga sekolah dan masyarakat merupakan bagian dari kehidupan MBS.
  9. Sekolah memiliki keterbukaan (transparansi) manajemen; Ditunjukkan dalam pengambilan keputusan, perencanaan, pelaksanaan kegiatan, penggunaan uang, sebagai alat kontrol.
  10. Sekolah memilliki kemauan untuk berubah (psikologik dan fisik); Adanya peningkatan mutu sekolah.
  11. Sekolah melakukan evaluasi dan perbaikan secara berkelanjutan; Harus ada sistem mutu yang baku untuk acuan perbaikan mutu sekolah, yaitu struktur organisasi, tanggung jawab, prosedur, proses, dan sumberdaya untuk menerapkan manajemen mutu.
  12. Sekolah responsif dan antisipatif terhadap kebutuhan; Sekolah tidak hanya mampu menyesuaikan diri terhadap tuntutan akan tetapi mampu mengantisipasi hal-hal yang mungkin akan terjadi.
  13. Memiliki komunikasi yang baik; Komunikasi ini terjalin antar warga sekolah, dan antara sekolah dan masyarakat, sehingga kegiatan yang dilakukan dapat diketahui.
  14. Sekolah memiliki akuntabilitas; Bentuk pertanggungjawaban yang harus dilakukan sekolah terhadap keberhasilan program yang telah dilaksanakan, yang dilaporkan kepada pemerintah, orangtua siswa, dan masyarakat.
  15. Manajemen lingkungan hidup sekolah baik; Sekolah melakukan upaya-upaya untuk untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kesadaran warga sekolah tentang nilai-nilai lingkungan hidup.
  16. Sekolah memiliki kemampuan menjaga sustainabilitas; Menjaga kelangsungan hidupnya, baik dalam program maupun pendanaannya.

Sekian artikel dari Materi Inside mengenai Karakteristik Manajemen Berbasis Sekolah Menurut Rohiat, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.
Lihat juga:
Kumpulan Artikel Tentang Manajemen