Tujuan Manajemen Berbasis Sekolah Menurut Para Ahli

Ditulis oleh: Materi Inside
Berikut ulasan mengenai Tujuan Manajemen Berbasis Sekolah Menurut Para Ahli. Silahkan disimak!

Menurut Rohiat (2008: 48-49) Manajemen Berbasis Sekolah memiliki tujuan utama meningkatkan kinerja sekolah melalui pemberian kewenangan dan tanggung jawab yang lebih besar kepada sekolah yang dilaksanakan berdasarkan prinsip-prinsip tata pengelolaan sekolah yang baik, yaitu partisipasi, transparansi dan akuntabilitas.

Selain pernyataan di atas, Manajemen Berbasis Sekolah memiliki tujuan utama sebagaimana yang dinyatakan oleh E. Mulyasa (2002: 13) bahwa tujuan utama Manajemen Berbasis Sekolah adalah meningkatkan efisiensi, mutu, dan pemerataan pendidikan. Peningkatan efisiensi diperoleh melalui keleluasaan mengelola sumber daya yang ada, partisipasi masyarakat, dan penyederhanaan birokrasi. Peningkatan mutu diperoleh melalui partisipasi orang tua, kelenturan pengelolaan sekolah, peningkatan profesionalisme guru, adanya hadiah dan hukuman sebagai kontrol, serta hal lain yang dapat menumbuhkembangkan suasana yang kondusif. Pemerataan pendidikan tampak pada tumbuhnya partisipasi masyarakat terutama yang mampu dan peduli, sementara yang kurang mampu akan menjadi tanggung jawab pemerintah.

Sekian artikel dari Materi Inside mengenai Tujuan Manajemen Berbasis Sekolah Menurut Para Ahli, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.
Lihat juga:
Kumpulan Artikel Tentang Manajemen