Pengertian Manajemen Berbasis Sekolah Menurut Para Ahli

Ditulis oleh: Materi Inside
Berikut ulasan mengenai Pengertian Manajemen Berbasis Sekolah Menurut Para Ahli. Silahkan disimak!

Rohiat (2008: 47) mengartikan Manajemen Berbasis Sekolah sebagai model pengelolaan yang memberikan otonomi (kewenangan dan tanggung jawab yang lebih besar kepada sekolah), memberikan fleksibilitas/keluwesan kepada sekolah, mendorong partisipasi secara langsung dari warga sekolah (guru, siswa, kepala sekolah, karyawan) dan masyarakat (orang tua siswa, tokoh masyarakat, ilmuwan, pengusaha), dan meningkatkan mutu sekolah berdasarkan kebijakan pendidikan nasional serta peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Myers dan Stonehill dalam Umaedi, Hadianto, dan Siswantari (2009: 4.3) berpandangan bahwa Manajemen Berbasis Sekolah merupakan suatu strategi untuk memperbaiki mutu pendidikan melalui pengalihan otoritas pengambilan keputusan dari pemerintah pusat ke daerah dan ke masing-masing sekolah sehingga kepala sekolah, guru, peserta didik, dan orang tua peserta didik mempunyai kontrol yang lebih besar terhadap proses pendidikan, dan juga mempunyai tanggung jawab untuk mengambil keputusan yang menyangkut pembiayaan, personal, dan kurikulum sekolah.

Sedangkan B. Suryosubroto (2004: 196) menafsirkan bahwa pada dasarnya Manajemen Berbasis Sekolah merupakan suatu strategi pengelolaan penyelenggaraan pendidikan di sekolah yang menekankan pada pengerahan dan pendayagunaan sumber internal sekolah dan lingkungannya secara efektif dan efisien sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas atau bermutu.

Sehingga pada dasarnya konsep Manajemen Berbasis Sekolah adalah strategi pemerintah dalam menyelenggarakan pengelolaan pendidikan yang bergeser dari arah sentrlistik menuju desentralistik yang berdampak pada keleluasaan pengelola sekolah terhadap pengelolaan sekolah yang melibatkan warga sekolah maupun masyarakat guna pencapaian tujuan pendidikan dan perundang-undangan yang berlaku dengan peningkatan mutu pendidikan.

Sekian artikel dari Materi Inside mengenai Pengertian Manajemen Berbasis Sekolah Menurut Para Ahli, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.
Lihat juga:
Kumpulan Artikel Tentang Manajemen