Manajemen Dan Pengorganisasian Tata Usaha Sekolah

Ditulis oleh: Materi Inside
Berikut ulasan mengenai Manajemen Dan Pengorganisasian Tata Usaha Sekolah. Silahkan disimak!

Manajemen Tata Usaha Sekolah

Peraturan pemerintah nomor 13 tahun 2007 tentang standar kepala sekolah/madrasah tersebut adalah manajemen tata usaha sekolah/madrasah. Kepala sekolah yang bertugas sebagai pengelola sekolah memiliki peranan yang penting bagi pengembangan sekolah terkait dengan tugasnya tersebut. Oleh karena itu, peningkatan kompetensi manajemen tata usaha sekolah/madrasah sesuai perkembangan iptek yang semakin pesat.

Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional serta peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan. Implementasi dari kedua payung hukum tersebut dilakukan oleh pemerintah, antara lain dengan terbitnya peraturan menteri pendidikan nasional nomor 13 tahun 2007 tentang standar kompetensi kepala sekolah. Salah satu isinya adalah kompetensi manajerial, kepemimipinan merupakan standar kompetensi yang harus dimiliki oleh kepala sekolah. Di samping itu, pelaksanaan otonomi daerah mengharuskan kepala sekolah untuk mampu menyesuaikan dengan situasi dan kondisi peraturan yang berlaku di daerah masing masing.


Pengorganisasian Sekolah

Kepala sekolah sebagai pengelola sekolah mempunyai peranan yang sangat strategis dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Ia diharapkan mampu meningkatkan iklim sekolah yang kondusif bagi terlaksanannya proses belajar mengajar yang efektif, dan mengaktualisasikan sumber daya yang ada di sekolah seoptimal mungkin dalam menunjang proses belajar mengajar.

Perencanaan partisipatori pengembangan pendidikan berbasis sekolah diatur dalam peraturan pemerintah (PP) nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan. Pasal 49 ayat (1) pada peraturan pemerintah ini menyatakan: pengelolaan satuan pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah menerapkan manajemen berbasis sekolah yang ditunjukkan dengan kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas.

Sekian artikel dari Materi Inside mengenai Manajemen Dan Pengorganisasian Tata Usaha Sekolah, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.
Lihat juga:
Kumpulan Artikel Tentang Manajemen