Pengertian Dan Tujuan Manajemen Berbasis Sekolah

Ditulis oleh: Materi Inside
Berikut ulasan mengenai Pengertian Dan Tujuan Manajemen Berbasis Sekolah. Silahkan disimak!

Pengertian Manajemen Berbasis Sekolah

Mulyasa (2002: 24) menyatakan bahwa MBS merupakan paradigma baru pendidikan, yang memberikan otonomi luas pada tingkat sekolah (pelibatan masyarakat) dalam kerangka kebijakan pendidikan nasional.

Poernomosidi Hadjisarosa dalam Oki Dermawan (2008) menyatakan bahwa: manajemen berbasis sekolah adalah pengkoordinasian dan penyerasian sumberdaya yang dilakukan secara otonomis (mandiri) oleh sekolah melalui sejumlah input manajemen untuk mencapai tujuan sekolah dalam kerangka pendidikan nasional, dengan melibatkan semua kelompok kepentingan yang terkait dengan sekolah secara langsung dalam proses pengambilan keputusan (partisipatif).

Definisi MBS diuraikan lebih rinci sebagai suatu pendekatan politik yang bertujuan untuk melakukan redesain terhadap pengelolaan sekolah dengan memberikan kekuasaan pada kepala sekolah dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam upaya perbaikan kinerja sekolah yang mencakup guru, siswa, kepala sekolah, orang tua siswa, dan masyarakat (Nanang F, 2004).

Jadi dapat disimpulkan bahwa MBS merupakan paradigma baru pendidikan yang memberikan otonomi luas pada tingkat sekolah dengan maksud agar sekolah leluasa mengelola sumber daya dan sumber dana dengan mengalokasikannya sesuai dengan prioritas kebutuhan dan dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarakat.


Tujuan Manajemen Berbasis Sekolah

Setiap kebijakan pasti memiliki tujuan yang ingin dicapai. Begitu pula dengan pola baru dalam manajemen pendidikan, manajemen berbasis sekolah juga memiliki tujuan tertentu yang dibarapkan dapat tercapai secara maksimal.

Tujuan manajemen berbasis sekolah menurut Mulyasa (2004:35) adalah “Agar sekolah dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas kinerja mutu sekolah, dengan menyediakan layanan pendidikan yang komprehensif dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat”. Sedangkan peningkatan mutu kinerja sekolah dapat dilihat dan kondisi efektivitas dan efisiensi yang ditampilkan oleh sekolah, baik di bidang akademik atau pembelajaran maupun non akademik.

Setiap siswa memiliki latar belakang ekonomi, sosial dan budaya yang berbeda-beda. Sehingga sekolah juga harus memahami serta menggunakan prinsip pemerataan baik secara ekonomi, sosial dan budaya dalam rnenyediakan layanan pendidikan.

Sekian artikel dari Materi Inside mengenai Pengertian Dan Tujuan Manajemen Berbasis Sekolah, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.
Lihat juga:
Kumpulan Artikel Tentang Manajemen