Manajemen Sekolah - Kesiswaan, Keuangan, Dan Peran Serta Masyarakat

Ditulis oleh: Materi Inside
Berikut ulasan mengenai Manajemen Sekolah - Kesiswaan, Keuangan, Dan Peran Serta Masyarakat. Silahkan disimak!

Manajemen Kesiswaan

Manajemen peserta didik termasuk salah satu substansi manajemen pendidikan. Manajemen peserta didik menduduki posisi strategis, karena sentral layanan pendidikan, baik dalam latar institusi persekolahan maupun yang berada di luar latar institusi persekolahan, tertuju kepada peserta didik.


Manajemen Keuangan

Permasalahan yang dihadapi dunia pendidikan di Indonesia adalah pemerataan, mutu, dan relevansi serta efektivitas manajemen pendidikan. Manajemen pendidikan yang sentralistik yang kita laksanakan selama pemerintahan orde baru, dipandang kurang mendorong terjadinya demokratisasi pengelolaan pendidikan. Manajemen pendidikan yang sentralistik tidak dapat mengakomodasi perbedaan keragaman atau kepentingan baik untuk daerah, sekolah maupun peserta didik, serta memastikan partisipasi masyarakat dalam proses pendidikan.


Manajemen Peran Serta Masyarakat

Era globalisasi yang ditandai dengan persaingan yang sangat ketat diiringi dengan tumbuh dan berkembangnya tuntutan demokratisasi pendidikan, akuntabilitas, tuntutan kualitas serta jaminan mutu dari dunia kerja. Kondisi tersebut di atas mensyaratkan sekolah dan tenaga pendidik dan kependidikan untuk memiliki kualitas yang handal dan sebagai jaminan mutu hasil proses pendidikan yang dilakukan. Seiring dengan berbagai tuntutan kualitas tersebut pemerintah telah melahirkan berbagai peraturan perundangan yang pada dasarnya memberikan jaminan kualitas tenaga pendidik dan kependidikan.

Sekian artikel dari Materi Inside mengenai Manajemen Sekolah - Kesiswaan, Keuangan, Dan Peran Serta Masyarakat, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.
Lihat juga:
Kumpulan Artikel Tentang Manajemen