Manajemen Sekolah - Implementasi KTSP, Pemberdayaan SDM, Sarana Prasarana, Dan Layanan Khusus

Ditulis oleh: Materi Inside
Berikut ulasan mengenai Manajemen Sekolah - Implementasi KTSP, Pemberdayaan SDM, Sarana Prasarana, Dan Layanan Khusus. Silahkan disimak!

Manajemen Pengembangan dan Implementasi KTSP

Dalam pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan, sebagai jantungnya pembelajaran, tidak hanya didasarkan kepada kehendak kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum semata. Tetapi juga harus memperhatikan tujuan pendidikan nasional, tujuan pendidikan di provinsi, dan tujuan pendidikan lokal (kabupaten/kota), yang merupakan arah untuk dijabarkan menjadi kompetensi dasar dan kompetensi lulusan peserta didik. Di samping itu, esensi dan profesionalisme guru sebagai pendidik, harus menjadi pemahaman yang komperhensif dan tepat dalam pengembangan kurikulum.


Manajemen Pemberdayaan SDM

Dalam sekolah apapun, sumber daya manusia (SDM) menempati kedudukan yang paling vital. Memang diakui bahwa biaya itu penting. Demikian pula sarana, prasarana, dan teknologi. Namun, ketersediaan sumber-sumber daya itu menjadi sia-sia apabila ditangani oleh orang-orang yang tidak kompeten dan kurang komitmen.


Manajamen Sarana dan Prasarana

Sarana dan prasarana pendidikan merupakan salah satu sumber daya yang penting dan utama dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah, untuk itu perlu dilakukan peningkatan dalam pendayagunaan dan pengelolaannya, agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai.


Manajemen Layanan Khusus

Kepala sekolah yang efektif adalah kepala sekolah yang memiliki kompetensi yang dipersyaratkan serta mampu mewujudkan kompetensi tersebut terutama dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai administrator, manajer, supervisor, dan seorang pemimpin (leader). Sebagai manajer pendidikan, kepala sekolah dituntut memiliki kemampuan memobilisasi sumber daya, baik manusia maupun non-manusia, bagi keefektifan sekolah.

Sekian artikel dari Materi Inside mengenai Manajemen Sekolah - Implementasi KTSP, Pemberdayaan SDM, Sarana Prasarana, Dan Layanan Khusus, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.
Lihat juga:
Kumpulan Artikel Tentang Manajemen