Pengertian Perencanaan Pembelajaran

Ditulis oleh: Materi Inside
Berikut ulasan mengenai materi belajar tentang Pengertian Perencanaan Pembelajaran, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar. Silahkan disimak!

Lukmanul Hakiim (2009: 238) mengemukakan bahwa “Perencanaan pembelajaran yaitu persiapan mengelola pembelajaran yang akan dilaksanakan dalam kelas untuk mencapai tujuan.” Stenhouse (dalam Lukmanul Hakiim, 2009: 1) berpendapat bahwa perencanaan pembelajaran merupakan suatu ide dari orang yang merancangnya, tentang bentuk-bentuk pelaksanaan proses pembelajaran yang akan dilaksanakan.

Branch (dalam Syamri, 2010) berpendapat bahwa perencana pembelajaran adalah suatu sistem yang berisi prosedur untuk mengembangkan pendidikan dengan cara yang konsisten dan reliable.

Ritchy (dalam Syamri, 2010) berpendapat bahwa perencana pembelajaran adalah ilmu yang merancang detail secara spesifik untuk pengembangan, evaluasi dan pemeliharaan situasi dengan fasilitas pengetahuan diantara satuan besar dan kecil persoalan pokok.

Smith & Ragan (dalam Syamri, 2010) berpendapat bahwa perencana pembelajaran adalah roses sistematis dalam mengartikan prinsip belajar dan pembelajaran kedalam rancangan untuk bahan dan aktifitas pembelajaran.

Zook (dalam Syamri, 2010) berpendapat bahwa perencana pembelajaran adalah roses berfikir sistematis untuk membantu pelajar memahami (belajar)

Dari defenisi diatas perencanaan pembelajaran adalah suatu kegiatan yang direncanakan dalam hubungannya dengan proses belajar mengajar atau pembelajaran untuk mengembangkan, evaluasi dan pemeliharaan situasi dengan fasilitas pendidikan guna pencapaian tujuan pembelajaran.

Sekian artikel mengenai Pengertian Perencanaan Pembelajaran, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.
Lihat juga:
Kumpulan Artikel Tentang Pendidikan