Manfaat Kebiasaan Belajar

Ditulis oleh: Materi Inside
Berikut ulasan mengenai materi belajar tentang Manfaat Kebiasaan Belajar, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar. Silahkan disimak!

Kebiasaan merupakan cara bertindak yang diperoleh melalui belajar secara berulang-ulang yang pada akhirnya menjadi menetap dan bersifat otomatis. Setiap siswa yang telah mengalami proses belajar kebiasaan-kebiasaanya akan tampak berubah.

Kebiasaan bisa timbul karena proses penyusunan kecenderungan respons dengan menggunakan stimulus yang berulang-ulang.

Perbuatan kebiasaan tidak memerlukan konsentrasi perhatian dan pikiran dalam melakukannya. Kebiasaan dapat berjalan terus, sementara individu memikirkan atau memperhatikan hal-hal lain.

Kebiasaan belajar dapat diartikan sebagai cara atau teknik yang menetap pada diri siswa pada waktu menerima pelajaran, membaca buku, mengerjakan tugas, dan pengaturan waktu untuk menyelesaikan kegiatan.

Menurut Fitriani Nur, manfaat kebiasaan belajar adalah: “kebiasaan belajar ikut berperan dalam menentukan aktivitas belajar siswa. Kebiasaan belajar yang positif berkaitan erat dengan minat dan motivasi. Oleh karena itu, apabila faktor lainnya sama, siswa yang kebiasaan belajarnya positif akan belajar lebih aktif dan dengan demikian akan memperoleh hasil yang lebih baik dibandingkan siswa yang kebiasaan belajarnya negatif”.

Dengan memiliki disiplin belajar yang baik, nanti akan memberikan hasil yang memuaskan pada setiap usaha belajar kita. Ilmu yang sedang dituntut dapat dimengerti dan dikuasai dengan sempurna serta ujian dapat dilalui dengan berhasil. Keteraturan belajar sangat menentukan pencapaian keberhasilan. Memang setiap siswa mempunyai kebiasaan belajar sendiri sendiri, ada yang biasa belajar pada malam hari dan ada yang biasa belajar pada pagi hari atau siang hari.

Kebiasaan belajar diharapkan akan memberi perubahan dalam diri siswa, dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak memahami menjadi memahami, dari tidak terampil menjadi terampil dan sebagainya. Demikian pula dalam hal sikap, belajar bertujuan untuk membangun sikap yang positif terhadap sesuatu.

Sekian artikel mengenai Manfaat Kebiasaan Belajar, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.
Lihat juga:
Kumpulan Artikel Tentang Belajar