Keterampilan Yang Harus Dimiliki Guru

Ditulis oleh: Materi Inside
Berikut ulasan mengenai materi belajar tentang Keterampilan Yang Harus Dimiliki Guru, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar. Silahkan disimak!

Nemos Bimbel mengatakan bahwa, “Tugas utama seorang guru dalam proses belajar mengajar adalah sebagai pengajar, pendidik, pelatih dan pembimbing siswa”.

Sebagai pembimbing ada beberapa hal yang harus dipunyai oleh seorang guru. Eka Guru Nesama (2010) menyatakan ada sepuluh keterampilan sebagai berikut:

a. Keterampilan membuka pelajaran
1) Memperhatikan sikap dan tempat duduk siswa,
2) Memulai pelajaran setelah nampak siswa siap belajar,
3) Cara mengenalkan pelajaran cukup menarik,
4) Mengenalkan pokok pelajaran dengan menghubungkan pengetahuan yang sudah diketahui oleh siswa (apersepsi) dan
5) Hubungan antara pendahuluan dengan inti pelajaran nampak jelas dan logis.

b. Keterampilan memberi motivasi
1) Mengucapkan 'baik", bagus, ya, bila siswa menjawab/ mengajukan pertanyaan,
2) Ada perubahan  sikap non verbal positif pada saat menenggapi pertanyaan/ jawaban siswa,
3) Memuji dan memberi dorongan dengan senyum, anggukan atas partisipasi siswa,
4) Memberi tuntunan pada siswa agar dapat memberi jawaban yang benar dan
5) Memberi pengarahan sederhana dan pancingan, agar siswa memberi jawaban yang benar.

c. Keterampilan bertanya
1) Pertanyaan guru sebagian besar telah cukup jelas,
2) Pertanyaan guru sebagian besar jelas kaitanya dengan masalah,
3) Pertanyaan ditunjukan keseluruhan kelas lebih dahulu, baru menunjuk,
4) Guru menggunakan teknik  -pause- dalam menyampaikan pertanyaan,
5) Pertanyaan didistribusikan secara merata diantara para siswa dan
6) Teknik menunjuk yang memungkinkan seluruh siswa siap.

d. Keterampilan menerangkan
1) Keterangan guru berfokus pada inti pelajaran,
2) Keterangan guru menarik perhatian siswa,
3) Keterangan guru mudah ditangkap(dicerna) oleh siswa,
4) Penggunaan contoh, ilustrasi, analogi, dan semacamnya menarik perharian siswa,
5) Guru memperhatikan dengan sungguh-sungguh respon siswa yang berupa pertanyaan, reaksi, usul dan semacamnya dan
6) Guru menjelaskan respon siswa, sehingga siswa menjadi jelas dan mengerti.

e. Keterampilan mendayagunakan media
1) Pemilihan media sesuai dengan PBM yang diprogramkan,
2) Teknik mengkomunikasikan media tepat,
3) Organisasi mengkomunikasikan media menunjang PBM dan
4) Guru trampil menggunakan media.

f. Keterampilan menggunakan metode yang tepat
1) Ada kecocokan antara metode yang dipilih dengan tujuan pengajaran,
2) Ada kecocokan antara metode yang dipilih dengan materi pelajaran dan situasi kelas,
3) Dalam menggunakan metode telah memenuhi / mengikuti sistematika metode tersebut,
4) Alat yang dapat menunjang kelancaran penggunaan metode tersebut telah disiapkan,
5) Menguasai dalam penggunaan metode tersebut,
6) Aspek mengadakan interaksi dan
7) Ada keseimbangan antara jumlah kegiatan guru (aksi) dengan kegiatan siswa (reaksi) selama proses belajar mengajar.

g. Keterampilan penampilan verbal non verbal
1) Gerakan guru wajar dan bertujuan,
2) Gerakan guru bebas,
3) Isyarat guru menggunakan tangan, badan, dan wajah cukup bervariasi,
4) Suara guru cukup bervariasi, lemah dan keras,
5) Ada pemusatan perhatian dari pihak siswa dan
6) Pengertian indera melihat dan mendengar berjalan dengan wajar.

h. Keterampilan penjajagan/assesment
1) Menaruh perhatian kepada siswa yang mengalami kesulitan,
2) Adanya kesepakatan guru terhadap tanda siswa yang mengalami salah pengertian,
3) Melakukan penjajagan kepada siswa tentang pelajaran yang telah diterimanya,
4) Mencari/melakukan apa yang menjadi sumber terjadinya kesulitan dan
5) Melakukan kegiatan untuk mengatasi/menunjukan kesulitan siswa.

i. Keterampilan menutup pelajaran
1) Dapat menyimpulkan pelajaran dengan tepat,
2) Dapat menggunakan kata-kata yang dapat membesarkan hati siswa dan
3) Dapat menimbulkan perasaan mampu ( sense of achievment) dari pelajaran yang diproleh.

Sekian artikel mengenai Keterampilan Yang Harus Dimiliki Guru, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.
Lihat juga:
Kumpulan Artikel Tentang Guru