Konsep Dan Pengertian Pendidikan Inklusif

Ditulis oleh: Materi Inside
Berikut ulasan mengenai Konsep Dan Pengertian Pendidikan Inklusif. Silahkan disimak!

Setiap gagasan yang muncul, selalu dilatarbelakangi adanya sejarah kehidupan atau fenomena di dalam masyarakat, sebagaimana halnya pendidikan inklusif yang memberikan pelayanan pada semua, diawali dengan adanya manusia yang hanya dipandang dengan sebelah mata, mereka hanya dipandang hanya dari segi fisik yang nyata atau kasat mata, padahal pada dasarnya manusia itu memiliki akal pikir, kemampuan, dan kondisi batin yang sulit untuk didiskripsikan.

Manusia yang diabaikan, tidak diperhatikan, tidak dihargai yang akhirnya memberi kekuatan untuk mengungkapkan tekanan dan keadaan dirinya atau kelompoknya kepermukaan yang selanjutnya baru mendapatkan perhatian umum, diawali tidak dianggapnya orang-orang disability, yang sebetulnya mereka hanya secara fisik tampak tidak mampu, namun secara non fisik atau batiniah memiliki kekuatan yang luar biasa.

Pendidikan inklusif adalah penempatan anak berkelainan tingkat ringan,sedang, dan berat secara penuh di kelas regular. Staub dan Peck (dalam Abdul Salim Choeri dkk., 2009: 87) Lebih lanjut, Susi Septaviana R. (2002: 38) menyatakan “Pendidikan inklusif merupakan pergeseran dari kecemasan tentang suatu kelompok tertentu menjadi upaya yang difokuskan untuk mengatasi hambatan untuk belajar dan berpartisipasi.”

Sapon-Sevil (dalam Abdul Salim Choeri dkk., 2009: 87) dinyatakan bawa pendidikan inklusif sebagai suatu sistem layanan pendidikan yang mempersyaratkan agar semua anak berkelainan di sekolah-sekolah terdekat, di kelas regular bersama teman-teman seusianya.

Sementara itu, dalam Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Proponsi Jawa Tengah mendevinisikan pendidikan inklusif sebagai sistem penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa untuk mengikuti pendidikan atau pembelajaran dalam lingkungan pendidikan secara bersama-sama dengan peserta didik pada umumnya. Lebih lanjut diterangkan Setiap peserta didik yang memiliki kelainan fisik, emosional, mental, sosial, atau memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa berhak mengikuti pendidikan secara inklusif pada satuan pendidikan tertentu sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya.

Dari beberapa pernyataan para ahli mengenai definisi pendidikan inklusif, dapat disimpulkan bahwa pendidikan inklusif adalah suatu sistem pendidikan yang menempatkan anak berkebutuhan khusus baik yang memiliki kelainan maupun yang memiliki potensi yang unggul untuk mendapatkan pendidikan secara bersama-sama peserta didik pada umumnya yang seusia untuk mengoptimalkan kemampuannya.

Sekian artikel dari Materi Inside mengenai Konsep Dan Pengertian Pendidikan Inklusif, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.
Lihat juga:
Kumpulan Artikel Tentang Pendidikan