Pengertian Belajar, Ciri-Ciri Belajar, Dan Hasil Belajar

Ditulis oleh: Materi Inside
Berikut ulasan mengenai Pengertian Belajar, Ciri-Ciri Belajar, Dan Hasil Belajar. Silahkan disimak!

A. Pengertian Belajar

Di bawah ini disampaikan tentang pengertian belajar dari para ahli:
  1. Anita E. Woolfolk (dalam Conny R. Semiawan, 1999: 245) menyatakan bahwa “Belajar terjadi ketika pengalaman menyebabkan suatu perubahan pengetahuan dan perilaku yang relatif permanen pada individu”.
  2. Abin Samsudin (dalam Conny R Semiawan, 1999: 245) mendefinisikan bahwa “Belajar adalah perbuatan yang menghasilkan perubahan perilaku dan pribadi”.
  3. Hilgard (dalam Y. Padmono, 2002: 99) menyatakan bahwa “belajar merupakan proses perubahan kegiatan karena reaksi terhadap lingkungan, perubahan tersebut bukan karena pertumbuhan , perubahan temporer, atau karena obat”.
  4. Moh. surya (1997): “belajar dapat diartikan sebagai suatu proses yang dilakukan oleh individu untuk memperoleh perubahan perilaku baru secara keseluruhan, sebagai hasil dari pengalaman individu itu sendiri dalam berinteraksi dengan lingkungannya”.
  5. Witerington (1952): “belajar merupakan perubahan dalam kepribadian yang dimanifestasikan sebagai pola-pola respons yang baru berbentuk keterampilan, sikap, kebiasaan, pengetahuan, dan kecakapan”.
  6. Crow & Crow (1962): “belajar adalah diperolehnya kebiasaan-kebiasaan, pengetahuan dan sikap baru”.
  7. Di Vesta dan Thompson (1970): “belajar adalah perilaku yang relatif menetap sebagai hasil dari pengalaman”.
  8. Gagne & Berliner: “belajar adalah suatu proses perubahan perilaku yang muncul karena pengalaman”.

Dari pengertian-pengertian belajar tersebut, pada dasarnya belajar terletak pada perubahan perilaku baru. Jadi, dapat disimpulkan bahwa belajar adalah perubahan perilaku baru yang terjadi setelah individu melakukan tindakan, perubahan perilaku tersebut bersifar relatif permanen dan terjadi secara menyeluruh melalui proses latihan dan pengalaman individu itu sendiri dan berinteraksi dengan lingkungannya.


B. Ciri-ciri Belajar

Dari beberapa pengertian belajar tersebut di atas, kata kunci dari belajar adalah perubahan perilaku. Moh. Surya (1997) mengemukakan ciri-ciri dari perubahan perilaku, yaitu:
  1. Perubahan yang disadari dan disengaja (intensional); Perubahan perilaku yang terjadi merupakan usaha sadar dan disengaja dari individu yang bersangkutan.
  2. Perubahan yang berkesinambungan (kontinyu); Bertambahnya pengetahuan atau keterampilan yang dimiliki pada dasarnya merupakan kelanjutan dari pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh sebelumnya.
  3. Perubahan yang fungsional; Setiap perubahan perilaku yang terjadi dapat dimanfaatkan untuk kepentingan hidup individu yang bersangkutan, baik untuk kepentingan masa sekarang maupun masa mendatang.
  4. Perubahan yang bersifat positif; Perubahan perilaku yang terjadi bersifat normatif dan menunjukkan ke arah kemajuan.
  5. Perubahan yang bersifat aktif; Untuk memperoleh perilaku yang baru, individu yang bersangkutan aktif berupaya melakukan perubahan.
  6. Perubahan yang bersifat permanen; Perubahan perilaku yang diperoleh dari proses belajar cenderung menetap dan menjadi bagian yang melekat dalam dirinya.
  7. Perubahan yang bertujuan dan terarah; Individu melakukan kegiatan belajar pasti ada tujuan yang ingin dicapai, baik tujuan jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang.
  8. Perubahan perilaku secara keseluruhan; Perubahan perilaku belajar bukan hanya sekedar memperoleh pengetahuan semata, tetapi termasuk memperoleh pula perubahan dalam sikap dan keterampilannya.


C. Definisi Hasil Belajar

Sebagaimana dikemukakan Dimyati dan Moedjiono (1999) bahwa “Hasil belajar merupakan hasil dari suatu interaksi tindakan mengajar atau tindakan belajar”. Menurut Oemar Hamalik hasil belajar adalah bila seseorang telah belajar akan terjadi perubahan tingkah laku pada orang tersebut, misalnya dari tidak tahu menjadi tahu, dan dari tidak mengerti menjadi mengerti.

Sudjana (dalam Y. Padmono, 2002: 37) menyatakan: Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa atau mahasiswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Dengan demikian hasil belajar menunjukan perubahan dari sebelum menerima pengalaman belajar dengan setelah menerima pengalaman belajarnya. Hasil belajar menunjukan perubahan yang berupa penambahan, peningkatan dan penyempurnaan perilaku.

Berdasarkan pengertian-pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar yaitu kemampuan yang diperoleh setelah individu melakukan kegiatan belajar dan menerima pengalaman berupa peningkatan dan penyempurnaan perilaku. Hasil belajar menunjukkan perubahan dari sebelum menerima pengalaman dan sesudah menerima pengalaman.

Sekian artikel dari Materi Inside mengenai Pengertian Belajar, Ciri-Ciri Belajar, Dan Hasil Belajar, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.
Lihat juga:
Kumpulan Artikel Tentang Belajar