Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Belajar

Ditulis oleh: Materi Inside
Berikut ulasan mengenai materi belajar tentang Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Belajar, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar. Silahkan disimak!

Ada berbagai faktor yang mempengaruhi proses belajar dan hasilnya.  Faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar dan hasil / prestasi siswa adalah :


Faktor dalam / internal

Yaitu faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar mengajar,datang dari dalam diri siswa baik kondisi fisiologis maupun kondisi psikologis siswa.

1) Kondisi Fisiologis
Kondisi fisik siswa baik itu kesehatannya maupun kesempurnaan anggota tubuh sangat mempengaruhi prestasi belajar siswa akan terganggu jika keadaan fisiknya terganggu atau dalam keadaan tidak sehat.

2) Kondisi Psikologis
Kondisi psikologis siswa yang dapat mempengaruhi proses dan hasil belajar siswa adalah : bakat, kecerdasan, minat, motivasi dan kemampuan kognitifnya.
a) Bakat, Bakat adalah kemampuan untuk belajar. Kemampuan belajar itu akan terealisasikan menjadi kecakapan jika sudah belajar atau latihan .  Jika bahan pelajaran yang dipelajari siswa dengan bakatnya maka kemungkinan keberhasilannya dalam belajar besar.
b) Kecerdasan, Siswa yang cerdas akan cepat menguasai pelajaran dibanding dengan siswa yang kurang cerdas karena siswa yang cerdas pada umumnya lebih mampu belajar dari pada siswa yang kecerdasannya kurang.
c) Minat, Minat adalah kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan dan mengenang beberapa kegiatan.  Kalau siswa mempelajari sesuatu dengan minat maka dapat diharapkan hasilnya dalam belajar akan lebih baik.  Karena daya tarik terhadap sesuatu yang dipelajarinya akan membuat siswa lebih mudah menghafal, menyimpan dan belajar dengan baik.  Sebaliknya siswa tidak berminat terhadap sesuatu yang dipelajarinya, maka siswa tersebut akan segan dan tidak akan belajar dengan baik.
d) Motivasi, Motivasi adalah kondisi psikolog yang mendorong untuk melakukan sesuatu termasuk belajar.  Sehingga dengan motivasi yang kuat dapat memberi semangat para siswa untuk melakukan latihan-latihan atau kebiasaan yang diperlukan dalam belajar.
e) Kemampuan Kognitif, Kemampuan kognitif yang dimaksud adalah kemampuan menalar pelajaran yang diberikan.  Kemampuan penalaran yang tinggi membuat siswa dapat belajar dengan baiak dari pada yang memiliki kemampuan yang rendah.


Faktor luar / eksternal

Yaitu semua faktor yang berasal dari luar diri anak.

1) Faktor keluarga
a) Cara mendidik anak : ada yang mendidik secara diktakror, militer, demokratis dan sebagainya;
b) Hubungan orang tua dan anak;
c) Sikap orang tua;
d) Keadaan ekonomi keluarga;
e) Suasana dalam keluarga dan sebagainya.

2) Faktor Sekolah
a) Cara penyajian pelajaran;
b) Hubungan guru dengan murid;
c) Hubungan dengan teman;
d) Disiplin sekolah;
e) Waktu sekolah;
f) Kondisi Fisik;
g) Alat pelajaran dan sebagainya.

3) Faktor Masyarakat
a) Keadaan lingkungan masyarakat;
b) Keadaan lingkungan alam dan sebagainya.

Sekian artikel mengenai Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Belajar, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.
Lihat juga:
Kumpulan Artikel Tentang Belajar