Kelebihan, Kelemahan, Dan Aplikasi Metode Tanya Jawab Dalam Pembelajaran

Ditulis oleh: Materi Inside
Berikut ulasan mengenai materi belajar tentang Kelebihan, Kelemahan, Dan Aplikasi Metode Tanya Jawab Dalam Pembelajaran, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar. Silahkan disimak!

Metode Tanya Jawab

Metode tanya  jawab terkadang susah dibedakan dengan metode diskusi. Akan tetapi jika dilhat dari tujuannya, maka tanya jawab lebih bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa mengenai fakta-fakta yang telah disampaikan guru. Untuk mengukur sejauh mana pengetahuan itu, maka guru memberikan pertanyaan kepada siswa, kemudian muncul respon jawaban dari siswa.


Kelebihan

1) Kelas lebih aktif karena siswa tidak hanya mendengarkan saja.
2) Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya sehingga guru mengetahui hal-hal yang belum diketahui siswa.
3) Guru dapat mengetahui sejauh mana penangkapan siswa terhadap sesuatu yang diterangkan.


Kelemahan

1) Dengan tanya-jawab kadang-kadang pembicaraan menyimpang dari pokok persoalan bila dalam mengajukan pertanyaan, siswa menyinggung hal-hal lain walaupun masih ada hubungannya dengan pokok yang dibicarakan. Dalam hal ini sering tidak terkendalikan sehingga membuat persoalan baru.
2) Membutuhkan waktu lebih banyak. (Sofa dalam Van, 2010)


Aplikasi dalam pembelajaran

Praktek metode tanya jawab, guru memberikan pertanyaan kepada siswa setelah selesai menyamaikan pelajaran. Materi yang ditanyakan tidak lepas dari pelajaran yang telah disampaikan.

Sebenarnya masih banyak yang lainnya lagi, namun karena keterbatasan tempat, baru itu saja yang bisa peneliti tulis.

Sekian artikel mengenai Kelebihan, Kelemahan, Dan Aplikasi Metode Tanya Jawab Dalam Pembelajaran, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.
Lihat juga:
Kumpulan Artikel Tentang Metode Pembelajaran