Model teori belajar kognitif yang banyak diterapkan dalam dunia pendidikan yaitu model belajar penemuan dari Bruner, model belajar bermakna dari Ausubel, model pemrosesan informasi dan model peristiwa pembelajaran dari Robert Gagne, dan model perkembangan intelektual dari Jean Piaget.
a. Belajar Penemuan dari Bruner
Dasar teori ini memandang bahwa manusia adalah sebagai pemproses, pemikir dan pencipta informasi.
Bruner dalam Udin S. Winataputra, dkk (2008: 3.18) menyatakan bahwa: “Pada dasarnya belajar merupakan proses kognitif yang terjadi dalam diri seseorang. Agar belajar menjadi bermakna dan memiliki struktur informasi yang kuat, siswa harus aktif mengidentifikasi prinsip-prinsip kunci yang ditemukannya sendiri, bukan hanya sekedar menerima dari guru saja”.
Faktor-faktor penting dalam belajar yaitu: pentingnya memahami mata pelajaran, pentingnya pelajaran, pentingnya belajar aktif dan pentingnya nilai berpikir induktif. Cara penyajian pelajaran harus disesuaikan dengan derajat berfikir anak yang terdiri dari 3 tahap berpikir, yaitu:
1) Penyajian Enaktif
2) Penyajian Ikonik
3) Penyajian Simbolik
b. Belajar Bermakna dari Ausubel
Ausubel (dalam Udin S. Winataputra, dkk 2008: 3.20) menyatakan bahwa: “Pada dasarnya orang memperoleh pengetahuan melalui penerimaan, bukan melalui penemuan”.
Ausubel mengklasifikasikan makna belajar ke dalam dua dimensi seperti:
1) Berhubungan dengan bagaimana cara informasi atau pelajaran disajikan kepada siswa.
2) Bagaimana siswa dapat mengaitkan informasi dengan struktur kognitif yang sudah dimilikinya.
c. Belajar Pemrosesan Informasi dari Gagne
Gagne (dalam Udin S. Winataputra, dkk 2008: 3.30) menyatakan bahwa: “Belajar sebagai seperangkat proses kognitif yang dapat mengubah sifat stimulus dari lingkungan menjadi beberapa tahap pengolahan informasi untuk memperoleh kapasitas yang baru”.
Model pemrosesan informasi yaitu suatu model penyimpanan informasi yang terjadi pada manusia. Menurut model pembelajaran, belajar bukan merupakan proses yang tunggal, melainkan proses yang luas yang dibentuk oleh pertumbuhan dan perkembangan tingkah laku sebagai hasil dari efek kumulatif belajar.
Dalam model ini, ada lima ragam belajar yang terjadi pada manusia yaitu: informasi verbal, keterampilan intelektual, keterampilan intelektual, keterampilan motorik, sikap dan siasat kognitif.
d. Model Perkembangan Intelektual dari Jean Piaget
Jean Piaget merupakan seorang psikolog yang sangat memperhatikan perkembangan intelektual anak bayi sampai dewasa.
Jean Piaget (dalam Udin S. Winataputra, dkk, 2008: 3.40) menyatakan bahwa: “Hakikat pengetahuan adalah interaksi yang terus-menerus antara individu dengan lingkungannya”.
Jadi dapat diamati bahwa pengetahuan merupakan suatu proses dan bukan merupakan barang jadi. Untuk dapat memiliki pengetahuan, perlu dituntut untuk mencari pengetahuan tersebut melalui interaksi dengan lingkungan sekitar.
Dari beberapa definisi di atas dapat di tarik kesimpulan bahwa model pembelajaran pada dasarnya merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir, yang disajikan secara khas oleh guru. Sebelum melaksanakan proses pembelajaran, perlu memahami berbagai faktor perkembangan kognitif dari anak didik yang akan menerima pembelajaran tersebut, dan perlu dipahami bahwa mereka bukan hanya membutuhkan hasil akhir. Melainkan perlu diadakan proses yang saling terhubung, relevan, sesuai perkembangan kognitif, dan teknik yang digunakan agar anak didik dapat menerima informasi tersebut dengan baik, tentunya dengan harapan akan tercapainya hasil pembelajaran yang optimal.
Untuk dapat melaksanakan tugas secara profesional, seorang guru dituntut dapat memahami dan memliki keterampilan yang memadai dalam mengembangkan berbagai model pembelajaran yang efektif, kreatif dan menyenangkan, sebagaimana diisyaratkan dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Adanya peran media dalam proses pembelajaran sangat dibutuhkan agar proses pembelajaran lebih kreatif dan menyenangkan.
Sekian artikel mengenai Model Teori Belajar Kognitif, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.
Lihat juga:
Kumpulan Artikel Tentang Belajar