Menurut Jean Piaget (dalam Udin S. Winataputra, dkk, 2008: 3.40) perkembangan kognitif (kecerdasan) anak dibagi menjadi empat bagian yaitu:
1) Tahap sensori-motor (0-2 tahun)
Tahap ini merupakan tahap dimana anak belum dapat mengenal dan menemukan objek, benda apa pun yang tidak dianggap tidak ada meskipun sesungguhnya ada di tempat lain.
2) Tahap preoprasional (2-7 tahun)
Dalam tahap ini anak sudah mempunyai kesadaran dengan keberadaan suatu benda walaupun benda tersebut sudah dilihat atau didengar lagi.
3) Tahap Konkret operasional (7-11 tahun)
Di sini anak sudah mulai melakukan operasi, mulai dapat berpikir rasional.
4) Tahap formal operasional (11-15 tahun)
Tahap ini dapat dikatakan terjadi pada masa anak mulai beranjak remaja, dimana anak telah memiliki kemampuan mengkoordinasikan secara stimultan atau secara berurutan penggunaaan kemampuan kognitifnya (kapasitas menggunakan hipotesis dan prinsip-prinsip abstrak).
Sekian artikel mengenai Perkembangan Kognitif (Kecerdasan) Menurut Jean Piaget, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.
Lihat juga:
Kumpulan Artikel Tentang Belajar